Cerita dari Gartjita

Di dalam penyaring tertutup itu teh bunga Chrysanthemum mengembang, juga mengeluarkan aroma dan rasa, sejak diseduh dengan air mendidih. Lalu candu mengabarkan kedatangannya segera setelah minuman ini kusesap.

Aku jadi ingat cerita ini:di dalam penjara Buya Hamka menulis berjilid-jilid Tafsir Al Azhar dan Pram menulis buku-bukunya. Karya yang hingga kini tak habis pembacanya.

Tadi malam pertama kali aku datang ke Gartjita. Menuntaskan rasa penasaranku akan posting instagram kedua teman kerjaku di penerbit Bentang, Nadia dan Ika. Kupikir aku akan mendapatkan pengalaman meminum teh yang bukan teh cencem yang biasa aku dan keluarga seduh di rumah.

Di sana berkenalan dengan teman-teman baru, ada Mas Cahya, Mas Angga, Mas Adip, dan satu lagi lupa namanya (maaf ya :D). Mas Cahya yang menyeduhkan teh dengan air mendidih. Teh kering dimasukkan ke dalam penyaring kecil dengan pengait untuk menutupnya. Sehingga ampas teh yang terseduh di dalam gelas tidak berserakan atau mengambang. Sambil minum teh kami saling mengenal dan berbagi cerita. Seru di sini.

Deretan-Teh

Mas Cahya, yang juga ketua Akademi Bercerita chapter Jogja, mengenalkanku jenis-jenis teh yang tersedia, ya aromanya, ya rasanya. Dari sekian pilihan teh, ada teh dari Cina yang daunnya dipilin dengan tangan, teh yang daunnya dipotong-potong sampai halus, dan jenis teh lainnya; kupilih teh bunga Chrysanthemum. Tanpa gula. Ada pahit-pahitnya. Enak.

Penyaring

Gartjita buka sore menjelang petang, begitu keterangan di akun instagramnya. Terletak tidak jauh dari kampus terpadu Universitas Islam Indonesia, lokasi gARTjita bisa dicek di Google Maps dengan keyword “gartjita”. Bangunannya pendopo. Siap-siap, tempatnya mblusuk, haha. Jalan desa banget, lewat sawah, jalan berbatu. Tapi, begitu sampai, suasananya bisa bikin kamu ingin datang lagi.

Pendopo-

Jadi, teh mana yang ingin kamu sesap di Gartjita? Teh dari tanah Jawa, Cina, atau Arab?

Advertisements

Bagaimana tanggapanmu?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s