Taman Joewana: Rumah Indis dan Sisi Lengang di Balik Malioboro

Lengang baru bisa ditemui tengah malam di Malioboro. Di luar itu, Malioboro sibuk dengan lalu lalang kendaraan dan perdagangan.

Di Jogja, bila memang kata “Jogja” mengingatkan kita akan sejarah, seharusnya fasad bangunan lama dapat dengan mudah dilihat. Tapi, kenyataannya berapa banyak fasad asli bangunan lama di Malioboro bisa kita lihat secara langsung tanpa tertutup papan pertokoan?

Di balik sisi barat Malioboro terdapat bangunan lama yang dapat kita lihat langsung fasad aslinya. Tepatnya di Kompleks Taman Joewana.

Pertama kali aku tahu tentang Taman Joewana saat menonton tayangan di salah satu TV swasta yang sedang mengangkat profil Pak Anies Baswedan. Pak Anies bercerita bahwa beliau pernah memiliki pengalaman masa kecil di Taman Joewana.

Beberapa kali aku ke Taman Joewana dan selalu suka melihat semua rumah bergaya Indis yang ada di sana. Tertulis angka tahun 1938 pada gerbang pintu kecil pada area taman dan lapangan tenis di tengah kompleks. Dan di tayangan tersebut beliau sempat menyinggung tentang kegiatan pergerakan pemuda Indonesia sebelum kemerdekaan yang pernah ada di Taman Joewana.

This slideshow requires JavaScript.

Jalan-jalan di sini enaknya pagi atau sore. Selain gaya bangunan rumah-rumahnya, aku juga menyukai suasana lengang setiap ke Taman Joewana. Sering aku terpikir kalau punya rumah sendiri besok ingin punya yang bergaya Indis seperti itu. Aamiin 🙂

Menuju Taman Joewana tidak susah sebenarnya. Temukan gapura bertuliskan Dagen di sisi barat Malioboro, lalu masuk ke jalan Dagen itu kira-kira 100 meter. Gapura masuk Kompleks Taman Joewana ada di sisi utara jalan Dagen.

Bila berjalan kaki, bisa juga masuk melalui gang kecil dari jalan Sosrowijayan. Gapura Sosrowijayan tampak sebelum kita menuju Dagen dari arah utara Malioboro. Gang kecil itu selatan jalan, tepat di sebelah Hotel Malioboro Inn, dan menuju Hotel Batik. Usai gang kita berada di dalam Kompleks Taman Joewana.

Advertisements

Bagaimana tanggapanmu?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s