Burjo Murni: Yang Fana Daftar Menu, Burjo Abadi

Ada banyak warung makan di Kota Yogya yang tadinya menyediakan burjo (bubur kacang hijau/ijo) sebagai menu andalan namun sekarang tidak lagi menyediakannya. Biasanya yang punya orang Sunda dan tampilannya khas menandakan bahwa itu warung burjo. Mie instan, gorengan, dan nasi sekarang lebih tersedia ketimbang burjo.

Beruntung aku masih bisa menemukan warung burjo yang pasti ada burjo & ketan hitamnya, seperti foto di atas yang kuambil di warung burjo tertua di Kota Yogya. Namanya warung Murni, terletak di Jalan Tunjung, barat stadion Mandala Krida.

Warung itu istiqomah sampai sekarang menyediakan menu burjo. Di situ seorang teman pernah memesan nasi telur, tapi kata pelayannya tidak menyediakan menu nasi. Warung burjo sering menjadi andalan anak muda di Kota Yogya yang dipeluk kelaparan tengah malam.

Agak berbeda denganku pada suatu malam tahun lalu cari burjo di sembarang warung burjo dan mendapat jawaban dari pelayannya bahwa tidak lagi membuat burjo. “Telah hilangkah burjo dari warung burjo itu sendiri?” pikirku sejak malam itu. Maka kupikir kalau mau makan burjo ketan hitam di Kota Yogya, warung Murnilah yang layak diandalkan.

Advertisements

Bagaimana tanggapanmu?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s